About

Saturday, December 3, 2011

Cara Mendaftar Google Analytics

Setelah mengetahui kegunaan Google Analytics dari artikel Mengetahui Pengunjung Blog dengan Google Analytics, sekarang kita akan belajar cara mendaftar dan menggunakan Google Analytics. Sesuai dengan namanya, Google Analytics berguna untuk menganalisa blog kita sehingga kita dapat mengetahui data dari mana pengunjung mengakses blog kita, halaman mana yang paling banyak dikunjungi, berapa lama pengunjung di halaman tersebut, berapa bounce rate, berapa % exit, dsb. Nah untuk bisa mengetahui hal tersebut kita perlu mendaftar dulu, langkah-langkahnya sebagai berikut:
2. Masuk (klik) Access Analytics
3. Muncul halaman yang meminta Anda memasukkan email dan password Gmail Anda. Jika sudah tekan tombol sign in.
4. Tekan tombol sign up pada kotak Sign up for Google Analytics
5. Daftarkan informasi blog Anda di halaman Analytics: New Account Signup pada bagian general information yang meliputi: alamat, account blog Anda, time zone country or teritory, dan time zone. Jika sudah klik continue.
6. Masukkan data dalam contact information yang meliputi Last name, first name, phone number, country of territory. Jika sudah klik continue.
7. Pada bagian Accept User Agreement, beri tanda cawang dengan mengklik mouse pada kotak Yes, I agree to the above terms and conditions. Setelah itu klik Create New Account.
8. Google akan memberi kode HTML yang harus kita pasang pada blog di bagian sebelum tag akhir body. Copy (ctrl+c) skrip / kode tersebut.
9. Masuk ke blog, pada bagian tata letak, edit HTML. Paste (ctrl+V) kode tadi di bagian body. Jangan lupa klik simpan template.
10. Kembali ke halaman Google Analytics, klik tombol continue.
11. Akan nampak tabel yang berisi alamat blog yang kita daftarkan tadi. pilih link view reports.
12. Tunggu 24 jam agar informasi account diproses Google.

Setelah beberapa hari coba masuk ke web Google Analytics, tekan tombol access analytics, masuk ke account Anda, klik view reports.
Anda akan melihat data pengunjung. Silakan mulai menganalisa. Selamat mencoba.

Sumber Asli : Blog Kang Rohman

0 comments:

Post a Comment